Jadi Rujukan Wisatawan Kecelakaan, RSUD dr Moh Saleh Benahi IGD

PROBOLINGGO – RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo ditunjuk sebagai rumah sakit untuk rujukan wisatawan yang kecelakaan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Atas penunjukan itu, Kemenkes pun memberikan anggaran sebesar Rp 30 Miliar dalam APBD 2019 untuk RSUD.

Hal ini diungkapkan drg Rubiyati, plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh dalam rapat anggaran dengan Komisi III, Jumat. “RSUD dr Mohamad Saleh telah ditunjuk sebagai rumah sakit untuk rujukan wisatawan. Jika ada wisatawan yang kecelakaan, misalnya di Gunung Bromo, maka akan dirujuk ke RSUD ini,” ujarnya.

Karena penunjukan ini, RSUD menurut Rubiyati akan mendapat anggaran dari Kemenkes. “Kami akan mendapatkan anggaran Rp 30 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Mungkin dapatnya sekitar Rp 19 miliar,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran ini akan digunakan untuk membangun sarana dan prasana di rumah sakit tipe B itu. Termasuk untuk membangun IGD RSUD dr Mohamad saleh.

“Tetap IGD di sana, namun akan ada fasilitas standar. Ada juga IPAL dan alat kedokteran yang belum ada dan ambulance emergency. Yaitu ambulans khusus yang ada peralatan kedokterannya,” ujarnya.

Drg Rubiyati memastikan, anggaran ini telah dicantumkan dalam anggaran RSUD dr Mohamad saleh. “Sudah kami cantumkan sebesar Rp 30 miliar. Namun dapatnya berapa dari Kementrian Kesehatan, belum tahu,” ujarnya. (put/hn)