Lomba Foto Sadar Wisata Sukses Digelar, Ini Pemenangnya

JEMPOL: Juri, panitia, dan pemenang foto bersama usai lomba. Dari kiri ke kanan, Hendyk Tri Purnomo, Ikhsan Mahmudi, GM Radar Bromo HA. Suyuti, Zainal Arifin, dan 2 pemenang yakni Furkanadi serta Zainuri. (Ronald Fernando/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KADEMANGAN – Lomba Foto Sadar Wisata kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) Kota Probolinggo dengan Jawa Pos Radar Bromo, sukses digelar Sabtu (10/11). Total ada 86 karya foto yang dikumpulkan peserta. Tiga juara dan satu harapan juga sudah dipilih oleh tiga dewan juri.

Dewan juri di antaranya Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Probolinggo 2007-2009 Ikhsan Mahmudi; Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Hendyk Tri Purnomo; dan fotografer Jawa Pos Radar Bromo Zainal Arifin; akhirnya menjatuhkan pilihan pada peserta dengan nomor 49 sebagai juara. Yakni, Sandi asal Kota Probolinggo.

Sandi berhasil meraih juara, setelah objek fotonya yakni Museum dr. Mohamad Saleh mendapat poin tertinggi dengan nilai 210. Menyusul kemudian, Furkanandi asal jogjakarta yang mendapat juara 2 dengan nilai 190. Furkanandi membidik objek foto Gereja Merah.

Kemudian, juara ketiga diraih oleh Didik Prasetyo asal Kota Pasuruan yang membidik wisata buatan Bee Jay Bakau Resort. Ia memperoleh nilai 170. Sementara Harapan diraih Muhammad Zainuri asal Kabupaten Lumajang. Bidikannya pada objek Klenteng Tempat Ibdaha Tridharma (TITD) Sumbernaga mendapat skor 150.

Setidaknya ada 12 titik yang menjadi objek dari lomba foto tersebut. Di antaranya, BJBR, TITD Sumbernaga, Museum dr Mohamad Saleh, Gereja Merah, dan Museum Probolinggo. Lalu, hutan mangrove Ketapang, sumber mata air Sentong, pemandian TRA Bayuangga, dan TWSL. Kemudian, kebun anggur Dinas Pertanian, Pelabuhan Mayangan, serta hotel.

Sebelum hunting foto, 88 peserta dari berbagai kota itu mengikuti technical meeting (TM) di kantor Jawa Pos Radar Bromo. Setelah menerima penjelasan dari panitia, para peserta langsung menuju spot-spot foto yang telah ditentukan. Para fotografer dipersilahkan membidik sebanyak mungkin objek, namun yang dikumpulkan ke panitia hanya satu foto terbaik.

Sekitar pukl 11.00, para peserta kembali ke kantor Jawa Pos Radar Bromo. Foto peserta kemudian dinilai oleh juri. Butuh waktu 2 jam bagi tiga dewan juri untuk menentukan pemenang. Setelah pemenang didapat, juri kemudian mengumumkan nama-nama pemenang. Mereka yang jadi pemenang, akan diundang untuk menerima piala dan hadiah di acara City Branding, Senin (12/11).

Ikhsan Mahmudi, salah seorang juri mengatakan, fase penjurian berjalan ketat. Pasalnya, foto-foto yang dikumpulkan peserta, rata-rata ciamik. Namun, juri kemudian melakukan pemilahan, foto-foto yang cocok dengan tema saja yang akan dinilai. “Karya peserta bagus-bagus. Kami agak kesulitan memilih yang terbaik. Namun, yang kami pilih tentu yang memenuhi unsur fotografi dan cocok dengan tema,” jelasnya.

Foto juara pertama misalnya, cocok dengan tema. Yakni foto mengenai kunjungan wisata anak-anak sekolah ke museum. “Jadi dalam foto yang menjadi juara itu, mengandung makna pariwisata. Yang mana didalamnya ada sekelompok anak-anak sedang berwisata. Selain itu, ada gurunya yang menerangkan,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Jawa Pos Radar Bromo HA. Suyuti mengapresiasi kerja keras peserta lomba. “Kami ucapkan selamat pada para pemenang. Untuk hadiahnya nanti akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini. Jadi tidak bisa diserahkan sekarang. Hadiahnya akan diserahkan saat acara City Brandning,” jelasnya. (sid/rf)

Pemenang Lomba Foto Sadar Wisata
Juara 1: Sandi, Kota Probolinggo
Juara 2: Furkanadi, Jogjakarta
Juara 3: Didik Prasetyo, Kota Pasuruan
Harapan: Muhammad Zainuri, Kabupaten Lumajang