Pebatik Probolinggo Ditantang Merepro Motif Batik Kuno

KADEMANGAN – Persiapan Festival Batik Kota Probolinggo 2018 terus dimatangkan. Rencananya, Senin (5/11) bakal digelar rapat koordinasi (rakor) di ruang rapat kantor Jawa Pos Radar Bromo.

“Agar acaranya maksimal, maka digelar rakor lintas instansi untuk membahas persiapan acara,” ujar Suciati Ningsih, kabid Promosi Wisata pada Disbudpar Kota Probolinggo.

Festival Batik 2018 yang digelar Rabu (7/11) di halaman kantor Wali Kota Probolinggo, dipastikan bakal dihadiri oleh Putri Indonesia, Bunga Jelitha Ibrani. Ia akan mengenakan busana batik dari motif batik kuno Kota Probolinggo yang telah direpro pembatik Kota Probolinggo.

Festival batik tahun ini memang mengusung tema; Ultimate Reborn Probolinggo Festival. Para pembatik kota mangga ditantang merepro motif batik kuno yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

“Motif batik kuno memang memiliki kerumitan bila dibandingkan motif-motif batik saat ini. Terutama dalam pencantingannya dan pewarnaannya,” ujar Friday Purnama Sari, owner Day Art Batik yang kebagian merepro motif batik Jal Serinpang. (mie/hn)