Hotel Tretes Raya Tutup, Bagaimana Nasib Karyawannya?

PRIGEN – Ditutupnya hotel Tretes Raya di kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen bakal jadi problem baru. Ratusan warga bakal kehilangan pekerjaannya.

Hubungan kerja antara PT Wahana Tretes Raya Sentosa dengan para karyawannya dinyatakan putus terhitung mulai 28 Oktober 2018. Sedangkan, untuk pemberian uang kompensasi akibat putusnya hubungan kerja itu, menurut Kuasa Hukum PT Wahana Tretes Raya, Sentosa Teguh Pribadi, pihak manajemen berharap dapat diselesaikan melalui jalur musyawarah.

Bila tidak tercapai kesepakatan, penyelesaiannya bisa dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. “Semua tanggungan yang harus diselesaikan pihak manajemen, mulai pembayaran uang muka, termasuk gaji dan uang kompensasi bagi para karyawan yang berjumlah sekitar 100 orang akan segera diselesaikan,” ujar pengacara asal Sidoarjo tersebut.

Terpisah, Sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan Agus Hernawan mengatakan, Jumat (2/11) lalu pihak perwakilan karyawan Hotel Tretes Raya datang ke kantornya. Kedatangan itu, untuk melaporkan permasalahan ini.

Karenanya, pihaknya akan segera memanggil para pihak untuk diklarifikasi. “Sekarang hanya sebatas monitoring dan kami mengagendakan untuk memanggil para pihak untuk diklarifikasi,” ujarnya.

Diketahui, Hotel Tretes Raya di kawasan Prigen tutup, sejak sepekan terakhir. (zal/rud)