Terminal Wisata Rampung, Siapkan Kendaraan Khusus Wisatawan

RAMPUNG: Pengendara motor melintas di depan Terminal Wisata Pasrepan, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan. Kini, Pamkab Pasuruan menyiapkan sejumlah kendaraan untuk wisatawan. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASREPAN – Terminal Wisata Pasrepan, di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, sudah rampung dibangun. Karenanya, kini Pemkab Pasuruan, mulai mempersiapkan sejumlah fasilitas penunjang. Di antaranya, ketersediaan kendaraan khusus keperluan hilir mudik wisatawan. Sejumlah persiapan itu dilakukan menyusul rencana pemanfaatan terminal wisata pada awal tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan Hery Yitno mengatakan, pembangunan fisik terminal wisata itu telah rampung. “Fisiknya sudah selesai 100 persen sejak September lalu,” ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya terus mempertimbangkan fasilitas penunjang. Hal itu diharapkan dapat mengoptimalkan terminal wisata yang dinilai akan menjadi titik transit para wisatawan itu. Terutama, wisatawan yang hendak menuju ke Gunung Bromo ataupun destinasi wisata di Kecamatan Tutur.

“Saat ini kami sudah komunikasikan dengan pihak ketiga untuk menyediakan armada kendaraan. Armada itulah yang akan mengangkut wisatawan. Jadi, ada hubungan kemitraan dengan perusahaan travel yang menyediakan armada kendaraan untuk wisatawan nantinya,” ujar Hery.

Menurutnya, kendaraan yang akan disiapkan itu nantinya berjumlah 11 unit. Seluruh kendaraan itu disiapkan dengan kapasitas penumpang yang berbeda-beda. “Ada yang kecil tiga unit, yang tanggung 6 unit kendaraan. Sisanya armada yang besar kapasitas penumpangnya juga banyak,” jelas Hery.

Dengan demikian, Hery berharap, keberadaan terminal wisata ini dapat lebih optimal dan bisa dimanfaatkan penuh oleh wisatawan. Selain itu, kata Hery, fasilitas penunjang lain seperti kios juga akan dioptimalkan sebagai lokasi penjualan oleh-oleh khas Pasuruan. Puluhan kios ini akan diisi oleh pedagang setempat.

“Kami akan koordinasikan dengan dinas terkait agar beberapa kios menjual produk unggulan Kabupaten Pasuruan. Sehingga, selain transit wisatawan juga mudah menjangkau oleh-oleh kas daerah kita,” ujarnya. (tom/rud)