Target Perikanan Naik, Genjot Produksi Budi Daya

BUGULKIDUL – Saban tahun target produksi budi daya perikanan di Kota Pasuruan, terus dinaikkan. Karenanya, Dinas Perikanan, Pemkot Pasuruan, terus berupaya menggenjot hasil produksi budi dayanya.

Kabid Budidaya Dinas Perikanan Kota Pasuruan Dyah Ekawati mengatakan, target produksi budi daya perikanan dinaikkan setiap tahunnya. Pada 2017, Pemkot menargetkan 1.570 ton dan tercapai 1.603 ton.

Sedangkan, tahun ini produksi budi daya perikanan ditarget bisa memproduksi 1.635 ton. Target ini berasal dari jenis budi daya air payau seperti ikan bandeng, ikan nila, udang, dan kepiting sebesar 1.611 ton. Sisanya berasal dari jenis budi daya air tawar seperti ikan gurame dan lele. “Kami terus berupaya agar budi daya perikanan di Kota Pasuruan, meningkat. Salah satunya dengan menggenjot pola produksi di kalangan pembudi daya,” ujarnya.

Tahun ini pihaknya mengembangkan budi daya ini dengan menggunakan teknik polikultur. Yakni, satu kolam bisa digunakan untuk tiga komoditi. Misalnya, dalam satu kolam dibudi dayakan udang, bandeng, dan gurame sekaligus.

Sejauh ini, teknik ini masih berupa percontohan pada satu kelompok dengan bekerja sama bersama Pemprov Jawa Timur. Jika berhasil, teknik ini juga akan diimplementasikan pada kelompok lainnya. Sehingga, hasil budi daya bisa lebih maksimal. “Hasil budi daya di Kota Pasuruan sudah berhasil diekspor ke luar daerah. Inilah yang ingin terus kami jaga dengan menggenjot produksinya,” ujarnya. (riz/rud)