Satpol PP Imbau Caleg Tak Pasang APK Sembarangan

PROBOLINGGO – Satpol PP Kabupaten Probolinggo mengimbau pada para caleg ataupun tim sukses tidak sembarangan memasang banner atau baliho. Sebab, jika sampai melanggar peraturan bupati, maka pihaknya akan menjatuhkan sanksi berikutnya.

Hal itu disampaikan Kasatpol PP Dwijoko Nurjayadi. Menurutnya, dalam perbup penyelengaraan reklame 2017 itu, salah satunya mengatur estetika atau keindahan. Sehingga, demi keindahan itulah, para caleg tidak boleh memasang baliho atau bannernya secara sembarangan.

“Tentunya imbauan ini demi keindahan Kabupaten Probolinggo sendiri. Jika dipasang sembarangan ya melanggar perbup,” ujarnya. Nah, jika telah melanggar perbup, maka pihaknya berhak untuk menurunkan. Oleh karena itu dalam waktu dekat, akan melakukan razia.

Razia yang akan dilakukan tersebut khusus untuk memantau pemasangan baliho. “Kalau ada yang melanggar akan kami turunkan. Tentunya itu adalah tugas kami,” tandasnya.

Namun sebelum razia itu dilakukan, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan pihak perizianan setempat. Hal itu untuk mengindentifikasi spanduk atau baliho mana saja yang telah berizin. “Sekalian kami akan merazia bener liar yang ada di kawasan kami. Jadi ketika razia dijumpai banner tanpa ijin kami turunkan juga,” katanya.

Lebih lanjut, selain berkordinasi dengan perizinan, pihaknya juga akan memadukan peraturan yang ada di KPU. Karenanya, jika tidak demikian dikhawatirkan akan ada benturan. Untuk menghindari hal itu, tentunya ada saling komunikasi.

“Nanti kami padukan juga dengan KPU. Masa kampanye ini rawan digunakan untuk pemasangan baliho atau benner liar. Sehingga butuh pengawasan bersama. Dan ketika selesai nanti tidak hanya pol pp yang tanggung jawab menurunkan tetapi juga pihak lain yang bersangkutan dalam gelaran pemilu ini,” tandasnya. (sid/rf)