Kebut Pembangunan Makam Estate, Harus Rampung Awal Desember

PURWOREJO – Pembangunan makam estate di Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo terus dilakukan. Makam yang menyedot anggaran Rp 642 juta melalui APBD 2018 ini ditarget rampung pada awal Desember mendatang.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan sudah meminta agar pelaksana mempercepat pengerjaan makam estate ini. Sebab, pembangunannya harus rampung paling lambat 3 Desember.

Saat ini pembangunannya sudah mencapai 50 persen. Pelaksana sudah merampungkan pagar keliling makam. Sehingga, pengerjaannya tinggal bagian dalam berupa jalan setapak kecil dari paving.

“Kalau sesuai kontrak memang harus selesai 3 Desember ini. makanya, kami meminta pada pelaksana untuk terus mengebut pengerjaan agar selesai tepat waktu. Apalagi, dalam waktu dekat sudah memasuki musim penghujan,” kata Kabid Kawasan Permukiman pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan, Uung Maf’udi.

Uung menerangkan makam estate ini berbeda dengan makam pada umumnya. Makam ini bakal ditata sejajar untuk memudahkan warga yang datang berziarah. Makam ini dapat menampung 260 kepala keluarga (KK) yang dibagi dalam empat blok.

Pintu masuk menuju makam estate ini ada dua, yakni di sisi utara dan sisi timur. Di setiap pintu masuk tersebut, Perkim akan membangun jalan paving yang memanjang ke selatan dan barat. Di bagian tengah makam akan dibangun taman kecil.

Untuk menghilangkan kesan seram, di sepanjang jalan paving dan di sekeliling pagar makam juga akan diberi lampu hias. Lalu, ada kantor bagi juru kunci dan ruangan untuk tempat penyimpanan keranda dan alat pemakaman lainnya di sisi utara makam.

“Insya Allah tahun depan makam estate ini sudah bisa difungsikan. Makam ini bakal berbeda dengan enam tempat pemakaman umum (TPU) yang dimiliki Pemkot sebelumnya. Makam warga ditata lurus seperti tempat makam pahlawan,”ungkap Uung. (riz/fun)