Bakal Bentuk Satgas Pariwisata, Ini Fungsinya

DRINGU- Pernah dikomplain Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur terkait pelayanan terhadap wisatawan, menjadi pelajaran berharga bagi Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo. Kini, Dispora Parbud berencana membentuk satuan tugas (satgas) pariwisata.

Kepala Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Wijanarko mengatakan, satgas ini akan dibentuk bersama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Probolinggo. Tujuannya, menjaga agar pariwisata tidak ada gangguan. Serta, tidak ada lagi komplain dari wisatawan soal destinasi wisata di Probolinggo. “Kami akan merealisasikannya untuk menjaga pariwisata agar aman. Tidak ada lagi praktik nakal terkait destinasi wisata,” ujarnya.

Sidik mengatakan, wisata di Probolinggo bukan hanya di Kabupaten Probolinggo. Namun, di Kota Probolinggo juga harus dijaga. Itu, karena jika sudah menyangkut Bromo, bukan hanya kota atau kabupaten, melainkan yang dikenal adalah Bromo. “Yang dikenal orang itu Probolinggo-nya. Entah itu kota atau kabupaten, wisatawan tidak mau tahu itu. Pokoknya Bromo, ya Probolinggo,” ujarnya.

Sidik mengaku, pihaknya pernah diprotes Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengenai komplain dari salah seorang wisatawan asing. Wisatawan itu mengatakan, transportasi di Probolinggo tidak ramah wisatawan.  “Saya bilang yang dikomplain itu di kota. Sebab, areanya di stasiun. Jadi, bilang kota. Tapi, ternyata katanya wisatawan tidak mau tahu itu. Pokoknya tahunya mereka adalah Probolinggo,” ujarnya.

Karenanya, agar Probolinggo makin ramah kepada para wisatawan, muncullah rencana membentuk satgas pariwisata. Dalam tugas ini nantinya akan ada sinergi antara Pemkab dan Pemkot Probolinggo. “Tujuannya, tentu sama-sama menjaga nama baik dunia pariwisata di Probolinggo,” ujarnya. (sid/rud)