Kandang di Kraksaan Hangus, 2.000 Ayam Terpanggang, Kerugian Rp 1,2 M

KRAKSAAN – Kebakaran hebat terjadi di Dusun Calok Elang, Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu pagi (27/10). Sebuah peternakan ayam milik Sungkono ludes dilalap si jago merah. Sekitar dua ribu ayam ternak milik Sungkono pun mati terpanggang.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 05.00 hingga pukul 06.00. Kebakaran itu pertama kali diketahui Darlin, penjaga kandang ayam setempat sekitar pukul 05.00. Ia dibuat kaget usai mendengar suara ledakan dari alat pemanas suhu.

Alat itu biasanya digunakan untuk menghangatkan suhu ruangan atau kandang anak ayam. Atau ayam yang masih baru datang. Ledakan itu menimbulkan percikan api yang dengan cepat menyebar ke kandang ayam yang terbuat dari bambu itu.

Sekitar pukul 06.00, api padam dengan sendirinya usai kandang ayam itu ludes dilalap si jago merah beserta 2 ribuan ayam. “Dari olah TKP (tempat kejadian perkara), diduga kebakaran disebabkan ledakan dari alat pemanas suhu kandang. Alat pemanas itu terbuat dari elpiji 12 kilogram. Dimungkinkan, ada kebocoran atau suhu terlalu panas hingga timbul ledakan,” ujar Kompol Joko, Kapolsek Kraksaan.

Perwira dengan satu melati di pundaknya itu menjelaskan, saat ini pihaknya masih mendalami kebakaran tersebut. Dari laporan yang masuk sementara, kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. (mas/mie)