Dua Hari Kebakaran Gunung Ringgit, Lahan yang Terbakar Capai Segini

PRIGEN – Memasuki hari kedua kebakaran hutan di lereng Gunung Ringgit, wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerdjo, di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, masih menyala. Rabu (24/10), diperkirakan hutan yang terbakar ini telah mencapai 20 hektare. Lihat videonya disini.

Karenanya, Pamhut bersama warga dari desa penyangga hutan terus berupaya memadamkan api. Namun, medan yang berada di ketinggian sekitar 2.300 meter dari permukaan laut dan kencangnya embusan angin menyulitkan mereka.

“Apinya belum padam. Di hari kedua agak lebih redah dibanding di hari pertama awal terjadinya kebakaran,” ujar Koordinator Lapangan Pamhut UPT Tahura R. Soerdjo Seksi Malang di Pasuruan Iwan Harwiyanto.

Iwan mengatakan, dari hasil evaluasi sementara, lahan yang terbakar di lereng Gunung Ringgit antara Kelurahan Ledug dengan Pecalukan, Kecamatan Prigen, cukup luas. Mencapai sekitar 20 hektare. Luasan itu diperkirakan akan bertambah karena sampai Rabu api belum padam. “Apinya belum berhasil dipadamkan secara total,” ujarnya.

Menurutnya, pemadaman api dilakukan secara manual. Yakni, menggunakan ranting kayu yang dipukulkan ke titik api. “Pemadaman tetap terus dilakukan sampai api benar-benar padam. Penyebab kebakaran ini karena perburuan liar. Sejumlah petunjuk dan bukti kami temukan di lapangan,” ujarnya. (zal/fun)