Revitalisasi Fisik Pasar Warungdowo Bisa Selesai Lebih Cepat

POHJENTREK – Penyelesaian akhir revitalisasi fisik Pasar Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, hampir rampung. Sampai pertengahan Oktober ini, revitalisasi sudah mencapai 75 persen.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan pun optimistis finishing selesai November mendatang. Atau, lebih cepat dari target yang harus selesai akhir tahun.

M. Saifudin Zuhri selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, tahun ini adalah penyelesaian akhir dari pembangunan ruko tersebut. Yang diselesaikan yaitu pemasangan rolling door di semua kios yang dibangun, pemasangan keramik di lantai atas, kantor pasar, dan musala.

“Saat ini, pelaksanaannya sudah mencapai 75 persen. Yang belum yaitu pemasangan sebagian rolling door dan pemasangan paving di depan pasar,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Saifudin optimistis revitalisasi bisa selesai lebih cepat. Bila sebelumnya ditarget selesai akhir tahun atau bulan Desember. Tidak menutup kemungkinan pengerjaan bisa selesai November mendatang.

Pasar Warungdowo sendiri merupakan salah satu pasar rakyat yang direvitalisasi sejak 2 tahun terakhir. Awalnya, karena kondisi depan pasar atau utara pasar kurang terawat dan kumuh. Sehingga, sejak 2017 dibangun ruko untuk membuat bangunan di utara pasar lebih modern.

Pertimbangan lain karena pasar yang terletak di pertigaan Pohjentrek ini lokasinya cukup strategis. Yaitu, berada di antara jalur Kota Pasuruan ke arah Malang dan Gondangwetan. Sehingga, banyak kendaraan yang melintas di sana.

Dana sebesar Rp 4 miliar pun digelontorkan untuk mengubah wajah depan atau utara pasar. Di sana, dibangun ruko 2 lantai dengan kapasitas 40 kios. Setelah jadi, tahun ini ada tahap finishing dengan dana Rp 2,1 miliar. (eka/fun)