Jalan Wonokerso-Sumberanom Rusak, Pembangunan P30 Dinilai Percuma

WONOKERSO – Dinas Pemuda Olahragta, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo berencana membangun Puncak 30 (P30) di Wonokerso, Kecamatan Sumber, tahun depan. Namun, perbaikan itu dinilai percuma. Sebab, akses jalan menuju P30 yang rusak, tak kunjung diperbaiki.

Bahkan, jalan itu tidak layak dilewati wisatawan yang akan mendaki ke P-30. Seorang warga setempat yang tidak mau namanya disebut mengatakan, percuma pembangunan dilakukan di P30.

Sementara jalan menuju ke sana, terutama yang melewati jalan raya Desa Sumberanom dan Wonokerso, masih rusak parah.

“Menurut saya percuma program ini. Tidak akan ada warga yang lewat dari Probolinggo, jika jalannya masih rusak. Mereka akan lebih memilih lewat Lumajang. Di sana jalannya mulus dan bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M Sidik Wijanarko mengatakan, pihaknya memastikan pembangunan di daerah tersebut. Sebab, menurutnya, pembangunan di daerah itu tinggal menunggu cairnya dana dari pihak kementerian yang telah diajukan.

“Pasti dibangun itu nanti. Tinggal nunggu dananya saja. Insya Allah akan cair tahun depan dan langsung dibangun,” terangnya.

Bahkan, menurut Sidik, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU Bina Marga). Menurutnya, di jalur Sumberanom dan Wonokerso, tahun depan akan ada perbaikan.

“Sudah kami koordinasikan. Tahun depan katanya juga ada perbaikan di daerah itu. Jadi sudah sinergi, tidak perlu khawatir,” terangnya.

Di pihak lain, Kabid Bina Marga di Dinas PU Bina Marga Rulli tidak merespons saat dikonfirmasi tentang hal ini. Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi dari pihak PU. (sid/hn)