Dana Desa Masih di Kas Daerah, Dijadwalkan Cair Pekan Ini

KRAKSAAN – Harapan sejumlah pemerintah desa di Kabupaten Probolinggo agar dana desa tahap ketiga tahun ini bisa dicairkan akan segera terjawab. Sebab, kini dana desa itu sudah masuk ke rekening kas daerah Pemkab Probolinggo. Ditargetkan, dana desa itu bisa ditransfer pekan ini ke rekening setiap desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo Heri Sulistiyanto mengatakan, tahun ini Kabupaten Probolinggo mendapatkan alokasi anggaran dana desa sekitar Rp 322 miliar untuk 325 desa. Dari anggaran itu, 60 persennya sudah terserap. Kini, tinggal menunggu pencairan tahap ketiga sebesar 40 persen. “Pencairan tahap ketiga dana desa ini tinggal menunggu waktu,” katanya, Selasa (23/10).

Heri mengatakan, Kantor Pembendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Jawa Timur telah mentransfer dana desa tahap ketiga sebesar 40 persen dari Rp 322 miliar itu ke rekening kas daerah Pemkab Probolinggo. Kini, kas daerah masih memproses pengiriman ke 325 desa di Kabupaten Probolinggo. “Kami upayakan secepatnya dana desa tahap ketiga masuk ke rekening masing-masing desa. Kemungkinan pekan ini sudah masuk ke rekening desa,” ujarnya.

Meski dana desa sudah ada di rekening setiap desa, Heri mengatakan, pemerintah desa tidak bisa serta merta mencairkannya. Sebab, pihak desa harus lebih dulu melengkapi laporan pertanggungjawaban kegiatan dana desa tahap kedua. “Sejauh ini untuk dana desa tahap kedua sudah terserap atau dicairkan semua oleh pemerintah desa. Untuk laporan pertanggungjawabannya ada di masing-masing kecamatan,” ujarnya. (mas/rud)