Giliran Hutan Lereng Gunung Ringgit Membara

PRIGENDalam dua bulan terakhir kebakaran hutan terus terjadi di wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerdjo wilayah Kabupaten Pasuruan. Selasa (23/10) sekitar pukul 10.00, kebakaran hutan dilaporkan terjadi di lereng Gunung Ringgit.

Hutan lereng Gunung Ringgit yang terbakar itu, berada di antara Kelurahan Leduk dan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Ketinggiannya, mencapai sekitar 2.300 meter dari permukaan laut.

“Kami tahunya saat patroli keliling, ternyata ada kebakaran hutan di lereng Gunung Ringgit. Saat tiba di lokasi apinya sudah membesar membakar vegetasi di sekitarnya,” ujar Koordinator lapangan Pamhut UPT Tahura R. Soerdjo seksi Malang wilayah Pasuruan Iwan Harwiyanto.

Iwan mengatakan, dari pengamatan di lapangan, api membakar vegetasi mayoritas ilalang. Serta, cemara gunung. Namun, ia mengaku belum mengetahui secara persis dan belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran ini.

“Kami fokus melakukan upaya pemadaman bersama Pamhut dibantu warga sekitar dari desa penyangga hutan. Anginnya kencang, sehingga menyulitkan proses pemadaman. Sepertinya, api munculnya dari sisa rambatan dari Lembah Kijang,” ujarnya.

Hingga berita Selasa petang, petugas Pamhut dibantu warga belum berhasil memadamkan api di hutan lereng Gunung Ringgit ini. Mereka masih terus bertahan dan berusaha memadamkan api. (zal/rud)