Batas Waktu Berakhir, Dua Parpol Belum Serahkan Desain APK ke KPU

PASURUAN – Batas waktu pengumpulan Alat Peraga Kampanye (APK) bagi seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu serta tim pemenangan calon presiden-calon wakil presiden di Kota Pasuruan, sudah berakhir. Namun, sampai Sabtu (20/10) masih ada dua parpol yang belum mengumpulkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Kota Pasuruan Mulyadi mengatakan, sebelumnya telah ada kesepakatan dengan seluruh parpol peserta pemilu maupun tim pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden. Dalam rapat koordinasi yang digelar sebulan lalu itu, disepakati masa penyampaian desain APK pada 5 Oktober. “Dalam berita acara juga sudah ditentukan bentuk-bentuk APK yang difasilitasi oleh KPU. Semestinya batas akhirnya tanggal 5 kemarin,” ujarnya.

Namun, Mulyadi mengatakan, masih ada dua parpol yang belum menyerahkan desain APK-nya. Padahal, menurutnya, sebelumnya setiap parpol sudah menyepakati batas akhir penyampaian desain APK-nya. “Kami sudah mengingatkan berkali-kali, namun belum diserahkan. Kami masih menunggu,” ujarnya.

Setelah desain APK dari dua parpol itu diserahkan, Mulyadi mengaku, pihaknya akan segera mencetaknya. Sebab, seluruh parpol lain maupun tim pemenangan capres-cawapres juga sudah menyerahkan desain APK-nya. “Jika sudah terkumpul akan kami agendakan untuk approval. Selanjutnya, akan ditangani oleh Divisi Logistik terkait dengan proses percetakan dan distribusinya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, KPU menentukan ada beberapa jenis APK yang akan disiapkan untuk setiap parpol. Di antaranya, baliho sebanyak 5 buah, spanduk sebanyak 10 buah, umbul-umbul sebanyak 50 buah, dan billboard 2 buah. (tom/rud)