Braakk, Pohon Tumbang Timpa Dua Motor di Dringu

HALANGI JALAN: Pohon yang tumbang di Jalan Raya Pantura, Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, dievakuasi ke pinggir jalan oleh warga dengan dibantu sejumlah pengguna jalan. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

DRINGU – Sebuah pohon besar tumbang di Jalan Raya Pantura, Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/10). Akibatnya, dua sepeda motor pengguna jalan tertimpa pohon tersebut.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30. Diduga, pohon tumbang karena ada angin kencang dan akar pohon yang rapuh.

Saat kejadian, kondisi jalan di daerah itu sedikit lengang. Hanya ada dua sepeda motor yang melaju beriringan dari arah barat.

Situasi tetap aman, sampai akhirnya dua motor tiba di depan kantor Dinas Sosial Kota Probolinggo. Saat itulah, tiba-tiba pohon yang berada di kanan jalan roboh.

Pohon roboh ke badan jalan, melintang dan menutupi akses jalan. Penggguna jalan yang lewat pun langsung terhalang pohon yang tumbang.

“Pertama itu ada bunyi kratak kratak, brakkk, begitu. Saya kira apa. Setelah saya noleh ke belakang ternyata pohon yang ada di belakang saya tumbang,” ujar Yudi, 37, salah seorang pedagang yang berjualan buah di lokasi kejadian.

Yudi menjelaskan, saat kejadian angin tidak begitu kencang bertiup. Sehingga, ia tidak menduga pohon itu akan roboh.

”Angin hanya bertiup biasa saja kok, tidak terlalu kencang. Jadi, kayaknya bukan karena angin robohnya,” terangnya.

Ia menduga, pohon tumbang tersebut karena akarnya tidak kuat atau lapuk. Sehingga, walaupun bertiup angin yang tidak terlalu kencang, pohon pun roboh.

Sementara itu, tumbangnya pohon itu membuat jalan pantura dari dua arah sempat macet beberapa menit. Arus lalu lintas kembali lancar setelah warga dan beberapa pengguna jalan mengevakuasi pohon yang tumbang.

Kanit Laka Polres Probolinggo Ipda Nyoman Harayasa menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Memang, ada dua motor yang tertimpa pohon. Namun, motor hanya rusak ringan.

“Ada dua motor yang tertimpa pohon. Tetapi, tidak parah rusaknya. Begitupun pengemudi luka ringan dan sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sedangkan, untuk arus lalu lintas sudah kembali normal,” jelasnya. (sid/hn/fun)