Pelapor PT SKI ke Polisi Terus Bertambah

MAYANGAN – Persoalan antara PT Sumbertaman Keramika Industri (SKI) Kota Probolinggo dengan eks karyawan dan karyawannya belum juga selesai. Senin (15/10), ada 8 orang eks karyawan dan karyawan PT SKI mendatangi Mapolres Probolinggo Kota. Mereka melaporkan pihak perusahaan karena dinilai tidak adil terhadap karyawan.

Sekitar pukul 09.00 WIB, 8 orang itu langsung menuju ke ruangan Sentra Palayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Probolinggo Kota. Mereka kompak melaporkan pelanggaran yang diduga dilakukan PT SKI. Dari SPKT, mereka diarahkan ke Unit 1 Tindak Pidana Umum. Di ruangan itu satu persatu pelapor mengutarakan apa yang ingin dilaporkan.

Dari 8 orang itu salah satunya berinisial, IN. Ia mengaku bersama rekan-rekannya melaporkan kasus pemotongan gaji yang dianggap tidak wajar. Sebab, potongan gaji yang mereka terima antara Rp 200 ribu sampai Rp 400 ribu.

“Masih soal kondite. Sampai sekarang masih belum ada kejelasan mengenai hal itu. Dari laporan ini kami ingin ada solusi. Kami berharap ada kesejahteraan bagi kami. Sebab, ini masih belum selesai. Masih banyak di pabrik yang tidak mau membuka suara atas kasus ini,” ujarnya.

Polemik denda yang dibebankan PT SKI pada karyawan ini sebelumnya sudah diadukan ke DPRD dan Disnaker. Namun, karyawan dan eks karyawan membawa kasus pemotongan gaji ini ke kepolisian.

Jumat (12/10) lalu, ada Minati Damiswari, 23, warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan dan Sri Wahyuni, 25, asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok yang melapor. Ada 8 orang yang menyusul mereka melaporkan PT SKI.

IN mengatakan, beberapa waktu lalu ada dua orang eks karyawan PT SKI melaporkan kepada dewan. Namun, hasilnya belum terlihat. Karena dua orang itu berani melapor, juga sempat ada intruksi dari pada pihak perusahaan agar karyawan yang lain tidak ikut-ikutan melapor.

“Setelah itu kami ditakut-takuti. Jangan sampai ikut-ikutan dan lain sebagainya. Tapi, karena kami ingin kesejahteraan, ini kami lakukan,” ujarnya. Jawa Pos Radar Bromo berusaha mendapatkan keterangan dari pihak PT SKI. Namun, sampai berita ini ditulis tadi malam belum berhasil.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Nanang Fendi mengaku, sudah menerima laporan dari karyawan dan eks karyawan PT SKI itu. “Laporannya sudah kami terima. Saat ini (Senin) masih memintai keterangan dari pelapor. Setelah itu nanti akan kami lakukan penyelidikan lebih lanjut. Jika memang ditemukan unsur pidana, maka akan kami tidak lanjuti laporan itu,” ujarnya. (sid/rud)