Bakal Geser TL Gununggangsir ke Blawi, Ini Alasannya

BANGIL – Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan bakal membongkar traffic light (TL) di Gununggangsir, Kecamatan Beji. Selanjutnya, TL itu akan dipindah ke persimpangan Blawi, Desa Masangan, Kecamatan Bangil.

Kepala Dishub Kabupaten Pasuruan Heri Yitno menyampaikan, traffic light di Gununggangsir, tak lagi termanfaatkan. Terlebih lagi, keberadaannya di persimpangan empat Gununggangsir, kurang efektif.

Terbukti, keberadaan traffic ligth itu justru kerap membuat kemacetan. Bahkan, warga banyak yang mengeluh. “Makanya kami berencana untuk menggeser traffic light tersebut,” jelasnya.

Rencananya, traffic light itu akan dipindah ke persimpangan Blawi, Kecamatan Bangil. Sebab, jalur Blawi dinilai lebih membutuhkan traffic light, seiring dengan kondisi jalannya yang sudah diperbaiki.

Apalagi, Pemkab berencana membongkar median jalan setempat. Kemudian, akan dibuat cross atau penyeberangan di persimpangan tiga Blawi.

“Rencananya kan ada pembongkaran median jalan di persimpangan Blawi. Supaya, pengendara yang dari arah Rembang hendak ke Pasuruan, tidak perlu memutar. Begitupun dengan pengendara dari arah Surabaya hendak ke Rembang, bisa langsung tanpa memutar,” bebernya.

Rencana itulah, yang perlu didukung dengan keberadaan traffic light. Traffic light yang ada di Gununggangsir itu, yang akan dimanfaatkan.

“Sementara traffic light-nya dulu yang kami siapkan. Untuk pembongkaran median, masih menunggu koordinasi dengan instansi terkait,” imbuhnya. (one/fun)