Kapal Ludes Terbakar di PPI, Kerugiannya Bisa Capai Miliaran

MAYANGAN – Sebuah kapal motor bernama Friendds, terbakar di Pelabuhan Perikan Mayangan (PPM) Kota Probolinggo, Minggu (14/10) pagi. Kebakaran itu cukup membuat gempar pengunjung pelabuhan lantaran asap hitam pekat menjulang tinggi.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 cukup besar. Akibatnya, kapal ikan milik PT Lautan Berlian hangus tak tersisa.

Muhammad Ali, 45, yang saat itu bekerja membuat Dok baru di sisi sebelah timur mengatakan, api muncul dari tengah bagian kapal. Warga Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, itu mengatakan, mulanya kapal bersandar di dok sebelah barat bersama dengan kapal lainya. Tiba-tiba, dari tengah kapal muncul api, sehingga banyak warga sekitar yang berteriak.

Lantaran bahan kapal beberapa terbuat dari fiber, maka api sulit dipadamkan. Bahkan, petugas pemadam kebakaran pun harus bolak-balik mengisi tangkinya untuk memadamkan api. Selain pemadam dari Kota Probolinggo, juga ada mobil pemadam dari KTI. Pihak perusahaan juga mengambil pompa air dan berupaya membantu dalam pemadaman.

Tiga jam setelahnya, api baru bisa dijinakan. Namun, kondisi kapal hanya tinggal kerangkanya saja. Namun, kapal sudah terlanjur terbakar seluruhnya.

Melihat kejadian itu, Teddy Kurniawan, petugas lapangan dari PT Lautan Berlian hanya bisa geleng-geleng kepala. Ia tak tahu menahu kenapa kapal bisa terbakar. Selain itu, memang satu hari sebelumnya sempat dilakukan perbaikan.

Meski ia tak menyebutkan berapa kerugiannya, namun yang jelas kerugian yang didapatkan lebih dari satu miliar.

“Kami belum tahu kenapa kalap bisa terbakar. Seminggu ini kapal berada di sini. Kemarin perbaikan juga. Kami juga belum hitung berapa kerugiannya. Kantor yang nanti menghitungnya, namun kira-kira satu miliar lebih,” terang Teddy. (rpd/fun)