Revitalisasi Pasar Winongan Selesai Lebih Cepat

WINONGAN – Revitalisasi fisik Pasar Winongan oleh Pemkab Pasuruan, selesai lebih cepat dari target. Pada pertengahan Oktober ini, pembangunan areal depan Pasar Winongan dipastikan selesai.

Target pengerjaannya sebenarnya selesai akhir Oktober. Namun, saat ini pengerjaan fisiknya sudah selesai 100 persen. Karena itu, pertengahan Oktober ini, dipastikan revitalisasi selesai.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pembangunan fisik ruko dan peninggian areal halaman depan, sudah selesai Jumat (12/10). Termasuk pemasangan paving di areal depan, juga rampung. Namun, memang masih ada pekerjaan finishing seperti pembersihan.

M. Saifudin Zuhri selaku Pejabat Pembuat Komitmen di Disperindag Kabupaten Pasuruan memastikan, revitalisasi fisik Pasar Winongan memang selesai. “Secara fisik sudah selesai semua, tinggal finishing saja untuk pembersihan,” jelasnya.

Menurutnya, Pasar Winongan merupakan salah satu pasar tradisional yang mendapatkan dana rehab revitalisasi. Sebab, areal depan pasar sebelumnya kurang terawat. Yaitu, hanya berupa tanah padat. Selain itu, posisinya lebih rendah dari Jalan Raya Winongan. Sehingga, sering tergenang air saat musim hujan.

Revitalisasi pun dilakukan lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,7 miliar. Dana ini digunakan untuk meninggikan areal halaman hingga 60-70 cm, sehingga sejajar dengan Jalan Raya Winongan. Selain itu, 28 kios yang ada dibongkar dan dibangun ulang agar lebih modern.

Dikatakan dengan pengerjaan yang lebih cepat selesai, targetnya revitalisasi tuntas seluruhnya pada pertengahan Oktober. Dia pun berharap, saat musim hujan pasar tidak lagi tergenang. Sehingga, kondisi pasar lebih bersih dan nyaman bagi pedagang dan pembeli. (eka/hn)