Maling Motor Asal Winongan Dimassa, Dua Kawannya Berhasil Kabur

BARANG BUKTI: Motor milik salah seorang pelaku yang ditinggal di lokasi. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

GADINGREJO – Aksi pencurian di wilayah Pasuruan semakin menghawatirkan. Pelaku tidak segan segan melakukan aksinya di siang hari.

Namun saat pelaku berhasil tertangkap, amarah warga tidak terkendali. Mereka pun menjadi bulan bulanan amukan massa yang marah atas perbuatan mereka.

Seperti yang dialami oleh Ubaidillah, 22, Dusun Karangmojo, Desa Karangtengah, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Ia menjadi bulan bulanan warga usai aksinya berhasil digagalkan.

Informasinya, sekitar pukul 08.00, Khoirul Anam, 45, warga Desa/Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan menitipkan motor Honda Beat nopol N 5873 TBC warna merah putih miliknya pada temannya Ahmad Baihaqi, warga Desa Kraton. Ia hendak memperbaiki mobilnya di Kelurahan Tapaan, Kecamatan BugulKidul, Kota Pasuruan.

Motor ini diletakkan di trotoar depan rumahnya. Tak lama kemudian sekitar pukul 10.30, Ahmad Baihaqi keluar untuk mengecek motor tersebut. Ternyata, seorang pria sedang mencoba untuk merusak kunci motor.

Tak jauh dari TKP, ada Ubaidillah sedang menunggu dengan motor Honda Beat merah putih N 1300 JEL. Dan sekitar 25 meter dari rumahnya, seorang pelaku lain yang belum diketahui identitasnya mengawasi.

Baihaqi langsung meneriaki pelaku yang sedang mencoba mencuri motor tersebut. Pelaku lari ke timur dan dikejar. Ia langsung melompat ke atas Honda Beat yang dikemudikan Ubaidillah. Nahas, karena panik, mereka terjatuh.

Baihaqi lantas mengejar dan berhasil menangkap Ubaidillah dengan mencekik lehernya. Kemudian, sambil melihat kanan kiri, ia berteriak maling. Saat itulah, ia berusaha melepaskan diri dan berhasil terlepas dari cengkeramannya.

Ia langsung lari ke selatan arah lapangan Perumahan Kraton Indah. Syukur, ia berhasil ditangkap warga meski sempat dimassa sebelum diamankan di Polsek Gadingrejo.

“Kalau dua pelakunya berhasil lari ke arah timur. Untung, BB motor milik teman saya tidak berhasil dibawa karena aksinya berhasil saya ketahui,” jelas Baihaqi.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo, Iptu Agus Glendo membenarkan adanya pelaku percobaan yang berhasil diamankan atas laporan warga. Untuk sementara, Ubaidillah dijerat dengan pasal 363 KUHP Jo pasal 53 KUHP pencobaan pencurian dengan pemberatan.

“Saya belum bisa berkomentar banyak. Sebab pemilik motor belum laporan ke kami. Yang jelas kami masih melakukan penyelidikan,” ungkapnya. (riz/fun)