Dengan Rp 6 Miliar, Alun-alun Hendak Dijadikan Wisata Keluarga

PANGGUNGREJO – Dana yang dikeluarkan Pemkot Pasuruan untuk mempecantik alun-alun Pasuruan memang fantastis. Betapa tidak, Rp 6 miliar dikucurkan dan diharapkan bisa merubah total (face off) perwajahan alun-alun.

Ruang terbuka hijau (RTH) yang terletak di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo bakal disulap menjadi wisata keluarga. Konsepnya memadukan dengan Kota Pusaka yang kini menjadi rencana pemkot.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Petamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Rudiyanto mengungkapkan pihaknya berencana menjadikan alun-alun menjadi jujukan utama bagi masyarakat Kota Pasuruan. Sehingga pengunjung menjadi betah.

Anggaran miliaran rupiah yang dikeluarkan pemkot, dinilai sepadam. Rudi merinci, miliaran rupiah itu diperuntukkan pembangunan toilet dan WC umum. Lokasinya di sisi barat dan timur alun-alun. Masing-masing sisi ini bakal dibangun dua toilet dan WC bagi pria dan wanita. Sebab, selama ini belum ada toilet bagi pengunjung.

Selanjutnya, ada trotoar yang mengelilingi alun alun. “Kami ingin menggabungkan konsep wisata keluarga dengan Kota Pusaka. Wujudnya tidak berbeda dengan trotoar di Jalan Pahlawan,” jelasnya.

Rudi-sapaan akrabnya menjelaskan pihaknya juga bakal membangun wahana permainan bagi anak kecil. Diantaranya, prusutan, jungkat-jungkit dan ayunan. Agar tampak lebih indah, DLHKP juga menambah lampu hias kelap kelip yang dipasang di taman dan bangunan alun alun.

“Taman dan tanaman di dalam alun alun juga bakal kami tambah untuk menambah kesegaran bagi pengunjung, sehingga mereka betah berlama lama,” pungkas Rudi.

Ketua Dewan Kesenian Kota Pasuruan, Muhammad Roem Latief mendukung upaya Pemkot untuk melakukan face off pada alun-alun Kota. Ia berharap agar alun-alun benar benar dimanfaatkan sebagai ikon dan identitas Kota Pasuruan.

“Pastinya, saya sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkot. Mudah-Mudahan, ke depannya Alun-Alun ini juga menjadi salah satu jujukan utama bagi masyarakat Pasuruan,” pungkasnya. (riz/fun)