Desak Perbaiki Pita Kejut Jalan Kalitengah untuk Minimalisir Aksi Balap Liar

PERLU DIBENAHI: Kondisi arus lalu lintas di Jalan Kalitengah di Karangjati, Pandaan, Jumat (5/10) siang. Nampak pita kejut yang terpasang disana. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Adanya aksi balap liar yang acapkali digelar di ruas jalan Kalitengah, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, membuat warga sekitar resah. Warga mendesak agar Dinas Perhubungan (Dishub) membenahi pita kejut yang ada di jalan sekitar.

Sejatinya Pita kejut di ruas jalan Kalitengah sudah ada. Totalnya ada empat buah deret. Masing-masing ruas terdapat dua deret, dulunya dibangun Dishub Kabupaten Pasuruan pada akhir 2015 lalu.

Namun kini kondisi sebagian besar pita kejut sudah banyak yang rusak. Sejak saat itu ajang balap liar sering digeber disana.

“Kami dan warga lainnya berharap pita kejut yang ada di perbaiki. Karena banyak yang rusak dan memang sudah saatnya ada sentuhan perbaikan kembali,” ucap Bangun Septian, pemuda setempat.

Menurutnya keberadaan pita kejut tersebut dibutuhkan, dan cukup efektif. Meminimalisir aksi balap liar, kerap dijumpai diruas jalan ini pada malam hingga dinihari. Sehingga warga menjadi terusik, dan merasa kurang nyaman.

“Minimal dikembalikan seperti sebelumnya. Kasihan warga daripada dipusingkan dan diresahkan dengan balap liar,” jelasnya.

Disisi lain, desakan warga tersebut mendapat tanggapan langsung dari kepala Dishub Kabupaten Pasuruan Hery Yitno. Saat dihubungi media ini via telepon, pihaknya menegaskan akan menampung sekaligus memperhatikan desakan serta keluhan warga sekitar, untuk perbaikan pita kejut di Jalan Kalitengah.

“Sebelum dilakukan pekerjaan perbaikan, kami survei dan tinjau lapangan dahulu. Survei ini untuk mengatahui apakah layak sekaligus sudah saatnya diperbaiki lagi ataukah tidak. Biar proses ini jalan dulu, baru berikutnya dievaluasi,” pungkas Hery Yitno. (zal/fun)