KPU Tentukan Bentuk APK untuk Caleg dan Tim Sukses Pilpres

PASURUAN – Seluruh partai politik peserta pemilu dan tim kampanye capres-cawapres di Kota Pasuruan telah menyepakati ketentuan alat peraga kampanye. Dalam Pemilu 2019 mendatang, KPU akan tetap memfasilitasi alat peraga kampanye.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM, Mulyadi menuturkan APK yang akan difasilitasi berupa baliho, spanduk, dan umbul-umbul. Selain itu, peserta pemilu juga diperbolehkan untuk menambah APK. Hanya saja, dalam rapat koordinasi yang digelar beberapa waktu lalu, ada kesepakatan tertentu.

“Penambahan APK oleh peserta pemilu ditentukan berbasis kelurahan. Jenis APK nya tetap ada tiga, berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul. Ukuran spesifiknya sudah ditentukan dalam rakor,” urainya.

Mulyadi menyampaikan, penambahan APK di tiap keluarahan berbeda-beda. Untuk APK berupa baliho sebanyak 5 buah, spanduk sebakyak 10 buah, sedangkan umbul-umbul sebanyak 50 buah.

“APK berupa bilboard juga diperbolehkan, dengan ketentuan sebanyak dua buah di tingkat kota,” jelasnya.

Ia berharap, hasil kesepakatan dalam rakor tersebut dapat diterapkan oleh setiap peserta pemilu. Terutama, dalam hal ukuran dan juga lokasi penempatan APK. “Jika melanggar konsekuensinya ya harus diturunkan. Itu kewenangannya Bawaslu,” ujarnya.

Menurut Mulyadi, pihaknya kini masih mengakomodasi desain APK yang difasilitasi oleh KPU dari masing-masing peserta pemilu. “Desainnya paling lambat harus diserahkan tanggal 5 Oktober besok,” pungkas dia. (tom/fun)