Hanya 17 Honorer yang Bisa Ikut Seleksi CPNS di Pemkot Probolinggo

KANIGARAN – Meskipun tenaga honorer K2 Kota Probolinggo mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes CPNS, namun hanya terbatas 17 orang saja yang bisa ikut tes. Pasalnya, 31 honorer lainnya terganjal aturan tentang batasan usia. Dimana honorer K2 yang bisa mengikuti tes usianya tidak lebih 35 tahun pada 1 Agustus 2018.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) nomor 36/2018, tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018.

“Bagi 17 honorer yang lolos dari aturan usia, harus memiliki ijazah S-1 yang diperoleh sebelum tes honorer K2 tanggal 3 November 2013,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Rachmadeta Antariksa, Selasa (2/10).

“Misalnya, dulu jadi honorer menggunakan ijazah SMA. Kemudian melanjutkan pendidikan S-1, tapi ijazah keluar setelah tanggal 3 November 2013, maka tidak bisa ikut. Meskipun dari segi usia masih memenuhi batas usia yang ditentukan,” jelasnya.

Syarat-syarat tersebut mutlak ditempuh pegawai honorer jika ingin mengikuti seleksi, selain syarat lainnya seperti memiliki tanda bukti tes penerimaan honorer K2 tahun 2013 dan KTP elektronik.

Terkait batasan usia ini, memang menjadi polemik di kalangan pegawai honorer K2. Pasalnya, mereka yang sudah mengabdi bertahun-tahun tak punya harapan karena usianya di atas 35 tahun. Pemkot sendiri tak bisa berbuat banyak karena aturan ini dibuat pemerintah pusat.

Sebelumnya, Deta –sapaan akrab Rachmadeta– mengakui jika batas usia 35 tahun ini banyak mendapatkan protes dari tenaga honorer. Pasalnya, banyak tenaga honorer yang usianya sudah melebihi batas ketentuan yang ditetapkan oleh peraturan yang ada.

Ketentuan batas usia pendaftar CPNS ini bisa saja berubah, jika yang mengubah adalah pemerintah pusat. Mantan Kabag Umum ini menjelaskan, meskipun tidak bisa mendaftar CPNS, tenaga honorer K2 ini tetap berstatus sebagai pegawai pemkot. Mereka bisa mendaftar sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dengan catatan ada perekrutan. (put/fun)