Spesialis Begal Truk Dibekuk, Tersangkanya asal Raci

PASURUAN – Perburuan tim Resmob Polres Pasuruan Kota terhadap tersangka pelaku begal truk, akhirnya membuahkan hasil. Seorang pelaku diamankan dari rumahnya, Kamis (27/9).

Tersangka yaitu Arifin, 40, warga Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Dari rumahnya, beberapa barang yang diduga hasil kejahatan turut disita sebagai barang bukti (BB).

Tersangka sendiri, dikenal sebagai komplotan pelaku begal truk yang kerap beraksi di jalur Pantura Pasuruan. Salah satu kawannya, yakni Jainul Abidin, telah ditangkap sebelumnya.

“Setelah mengamankan tersangka Jainul, kami lakukan pengembangan, hingga akhirnya mengarah pada tersangka Arifin,” kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Slamet Santoso, Minggu (30/9).

Slamet menjelaskan, komplotan pelaku kerap menyasar sopir truk yang melintas di jalur Pantura Pasuruan. Tak jarang, mereka beraksi di siang hari. Ketika ada truk yang akan dijadikan sasaran, sejumlah pelaku pun menghentikan laju truk secara paksa.

Dengan mengendarai motor, para pelaku mencegat sopir truk. Ada juga yang berjaga di sekitar jalan. Sebagian naik ke dalam truk dan mengancam sopir truk yang menjadi korbannya.

“Mereka memang spesialis begal truk. Untuk komplotan ini, mereka ada tiga pelaku. Yang sudah diamankan dua pelaku dan kini masih proses penyidikan,” kata Slamet.

Ia menegaskan, seorang pelaku kini masih berstatus buron. Polisi sudah mengantongi namanya dalam Daftar Pencarian Orang alias DPO. Saat ini menurut Slamet, pihaknya mengembangkan penyelidikan untuk menangkap pelaku yang masih buron itu.

“Tersangka Arifin sudah ditahan. Ia dikenai Pasal 365 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan. Ancaman hukumannya paling lama sembilan tahun pidana penjara,” tegasnya. (tom/fun)