Antisipasi Arus Padat di Perempatan Pilang, Begini Langkah Dishub

KADEMANGAN – Arus lalu lintas (lalin) di perempatan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, menjadi perhatian Dishub setempat. Sebab, arus lalin di tempat ini terbilang padat. Untuk mengurai arus lalin di sini, Dishub akan memasang intelligent control traffic system (ITCS).

“Perempatan Pilang adalah salah satu lokasi yang arus lalu lintanya padat. Termasuk adanya perlintasan kereta api di sini. Petugas Dishub sering mengeluhkan arus di perempatan Pilang ini,” ujar Sumadi, kepala Dishub Kota Probolinggo.

Untuk membantu menguraikan kepadatan arus lalu lintas di sini, akan dipasang ITCS. “ITCS ini adalah traffic yang smart. Smart ini mengatur arus lalu lintas berdasarkan kepadatan. Ada sensor dan kamera yang bekerja otomatis,” ujarnya.

Misalnya dari sisi barat arus lalu lintas sedang padat, maka lampu otomatis menyala hijau. “ITCS ini, recananya akan dipasang di traffic light yang sudah ada. Hanya menambah software saja,” jelasnya.

Menurutnya, pemasangan ITCS di perempatan Pilang akan dilakukan pada 2018. “Ada anggaran di P-APBD untuk ITCS yang besarnya Rp 200 juta,” ujarnya.

Rencananya, Dishub tidak hanya akan memasang ITCS di perempatan Pilang. “Jika hasilnya baik, tahun 2019 juga akan dipasang ITCS di perempatan Wonoasih,” tambahnya. (put/hn)