Haul Darmoyudo ke 354 Dipadati Ratusan Orang, Begini Suasananya

PURWOREJO – Ada pemandangan yang berbeda di Makam Darmoyudo di Jalan Darmoyudo Utama, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Jumat siang (28/9). Ratusan orang tampak memadati makam Bupati Pasuruan kedua ini.

Mereka tampak khusyuk mendengarkan taushiyah yang diikuti dengan pembacaan doa untuk Mbah Darmoyudo. Maklum saja, hari itu bertepatan dengan peringatan haul Mbah Darmoyudo yang ke 354.

Tokoh masyarakat setempat, H. Nadri mengungkapkan, haul Mbah Darmoyudo merupakan tradisi lingkungan warga setempat. Utamanya untuk mengenang Mbah Darmoyudo yang telah berjasa membawa kemakmuran rakyat Pasuruan.

“Haul ini selalu diperingati setiap tahunnya. Ini, agar masyarakat Pasuruan tidak lupa dengan jasa dan peran Mbah Darmoyudo kepada negara,” katanya.

Nadri menjelaskan, setiap tahunnya saat bulan Muharam pada malam Jumat Legi, warga setempat memperingati haul Mbah Darmoyudo. Tujuannya, untuk memberikan hormat kepada sesepuh yang memiliki jasa pada negara dan Pasuruan.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan salawat dan melakukan khataman Alquran pada malam Jumat bakda Magrib. Lalu, dilanjutkan dengan tasyakuran dan doa bersama warga setempat usai salat Jumat keesokan harinya.

Ia berharap agar kegiatan haul Mbah Darmoyudo ini juga mendapatkan perhatian dari pemkot setempat. Sehingga, kegiatan positif yang mengajak masyarakat untuk mengenang jasa pahlawannya terus dapat dilestarikan.

“Animo warga setempat selalu tinggi pada kegiatan ini. Mudah-mudahan ada atensi dari Pemkot setempat agar kegiatan ini terus terjaga,” ungkap Nadri. (riz/fun)