Bermodus Ngojek, Maling Motor Dibekuk Setelah Digagalkan Pemiliknya

PAITON – Warga Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Hendra Lesmana, 22, berbuat nekat. Sabtu (22/9), dia hendak mencuri motor milik Hariyanto, 52, warga Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton. Modusnya hendak mengojek. Syukur, aksinya gagal setelah digandoli korban.

Korban Hariyanto mengaku, saat itu sekitar pukul 16.00, dirinya hendak mencari rumput untuk pakan ternaknya. Sebelum merumput, korban yang membawa sepeda motor Honda Supra X bernopol N 2246 NBA singgah di warung milik Misnawi, warga Desa Jabungsisir, Kecamatan Paiton.

Sepeda motornya diparkir di depan warung dengan kunci kontaknya masih menempel di stop kontaknya. Tak lama kemudian, datang tersangka yang langsung menaiki motor korban. “Saya terkejut, tapi dia bilang mau ngojek. Saya minta saya yang menyetir, tapi dia tidak mau dan tetap jalan. Saya pegangi terus sepedanya,” ujar Hariyanto.

Meski dipegangi, tersangka tetap menyalakan mesin motor milik korban dan berusaha membawa kabur. Namun, korban dengan sekuat tenaga terus memegangnya. Tersangka baru berhenti setelah terjatuh sekitar 50 meter dari lokasi kejadian. Begitu jatuh, tersangka langsung kabur.

Warga yang yang mengetahui kejadian ini berusaha memburunya. Akhirnya, tersangka berhasil diamankan sekitar 500 meter dari lokasi kejadian. “Banyak orang yang mengejar dan akhirnya tertangkap,” ujar Abdul Aziz, 48, warga Desa Jabungsisir.

Samiran, 62, warga Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan mengatakan, pemilik sepeda motor sempat berkelahi dengan tersangka. Menurutnya, sepeda motor korban sudah dinaiki tersangka, namun korban terus menggandolinya hingga pelaku menabrak pohon dan jatuh. “Pelaku sempat dipukuli. Bahkan, akan dibakar oleh warga, namun karena kasihan ada yang melarang. Pelakunya dua orang yang satunya kabur naik sepeda,” ujarnya.

Kanit Reskrim Paiton Iptu Ade Maman mengatakan, dari keterangan korban diketahui pelaku berpura-pura hendak ngojek. Namun, pelaku minta duduk di depan. Tapi, korban tidak mau karena khawatir sepedanya dibawa lari. “Tersangka memaksa terus dari TKP tarik-tarikan sepeda motor kurang lebih 50 meter ke selatan. Akhirnya, sepeda motor sempat terjatuh dan dikejar, kena di Puskesmas Jabungsisir,” ujarnya.

Begitu berihasil dibekuk, tersangka dibawa ke Mapolsek Paiton. Kini, tersangka ditahan dan dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. “Sudah ditetapkan sebagai tersangka karena melakukan pencurian disertai dengan kekersan,” ujar Kapolsek Paiton AKP Riduwan. (hil/rud)