Lupa Kunci Kap Mobil, Tabrak Sepeda Onthel

KADEMANGAN – Fatal. Itulah yang dilakukan Tole, warga Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ia lupa mengunci kap mesin sedan bututnya. Apesnya, saat angin kencang tiba-tiba kap tersebut terbuka dan menutupi pandangan Tole. Nah, dari arah berlawanan ada pengemudi onthel yang menyeberang. Tak ayal, onthel itu pun tertabrak.

Ceritanya, Tole hendak ke Surabaya urusan pekerjaan. Dalam perjalanan dari rumahnya, Tole mampir sebentar di SPBU Pilang untuk mengisi bahan bakar. Setelah bensin terisi penuh, Tole pun dengan mantap melanjutkan perjalanan. Namun, ia berencana mampir ke stan penjual tape di perbatasan.

Baru tiba di stan penjual tape, tiba-tiba mobil tersebut mogok. Tole menduga karena air radiatornya kering. Namun, ia tak bisa memindah mobilnya ke pinggir karena keburu mogok. Saat itu juga banyak mobil antre untuk belanja, meski posisinya agak ke tengah, Tole tak terlalu khawatir.

“Saya isi mobil dengan air radiator, untungnya ada bengkel yang buka,” katanya. Setelah itu, Tole kemudian membeli sekitar empat dus besar tape untuk oleh-oleh. Saking asyiknya memilih tape, ia sampai tidak memperhatikan jika mobil pembeli lainnya sudah meninggalkan lokasi.

Kini tinggal mobil Tole saja yang parkir. Lokasinya pun mengganggu lalu lintas. Bus-bus dan kendaraan lain yang hendak lewat, harus memelankan kendaraannya. “Mobil siapa ini menghalangi jalan, bikin macet saja,” teriak kernet bus. Teriakan itu membuat Tole kaget. Setelah ditengok, ternyata mobilnya yang dimaksud oleh kernet tersebut.

Dengan wajah merah padam, Tole langsung membayar belanjaannya. Bapak dua anak itu lantas masuk mobil dan melanjutkan perjalanan. Apesnya, baru beberapa meter mobilnya melaju, tiba-tiba kap mesin mobilnya terbuka diterpa angin kencang. Ia baru ingat kalau kunci kap mobilnya bermasalah. Sehingga harus ditutup dengan keras jika ingin terkunci.

Tole lantas memelankan mobilnya, serta minggir untuk berhenti. “Waktu itu pandangan saya terganggu kap yang terbuka,” katanya. Tiba-tiba, sejumlah orang berteriak. “Awaass,” teriakan itu mengagetkan Tole. Hanya hitungan detik, tiba-tiba terdengar bunyi benturan. Braakkk!!!!

Tole pun berhenti. Ternyata mobilnya menabrak pengendara sepeda onthel yang baru pulang mencari rumput. Saat itu, pengendara onthel juga kurang hati-hati. Ia hanya memperhatikan kendaraan dari arah barat, tanpa melihat mobil dari arah timur. “Apes saya. Dua kali malah,” kata Tole.

Pengendara onthel itu tergeletak di jalan. Beruntung hanya menderita luka lecet. Sempat emosi, namun warga sekitar kemudian meredakannya. Tole pun memberi uang pijat buat pencari rumput tersebut. (rpd/rf)