Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Kunjungi Sapikerep

SUKAPURA – Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Provinsi Jawa Timur mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/9). Salah satunya Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura.

Tim ini berasal dari sejumlah dinas di Pemprov Jatim. Di antaranya, ada dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Bappeda. Kedatangan mereka untuk melihat kesiapan Kabupaten Probolinggo menjadi Kabupaten Sehat.

Petugas Teknis dari Dinkes Pemprov Jatim Daeng mengatakan, pihaknya datang untuk melihat persiapan Kabupaten Probolinggo menjadi Kabupaten Sehat. Salah satu tujuannya, tempat yang ditunjuk Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS). “Setelah kami lihat daerah (Desa) Sapikerep, ini sudah bagus. Mulai dari masyarakatnya yang sudah bersih dan bisa berinovasi,” ujarnya.

Namun, masih ada yang harus diperbaiki. Daeng mengaku, selain mengevaluasi kekurangannya, pihaknya juga akan mendampingi persiapan ini hingga 2019. “Akan kami kawal hingga nanti penetapan tingkat nasional. Kekurangannya pasti ada, sebab memang tidak ada yang sempurna. Tapi, itu semua nanti bisa diperbaiki. Itulah gunanya kami melakukan verifikasi dan akan kami dampingi terus,” ujarnya.

Kepala Desa Sapikerep Suwandi mengaku berterima kasih atas kunjungan tim verifikasi. Dengan penilaian dari mereka, pihaknya bisa melengkapi kekurangannya. “Kunjungan tim verifikasi ini menambah apa yang kurang dari desa kami. Sehingga, nanti bisa turut memberikan nilai yang bagus saat dilakukan penilaian,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Sukapura Yulius Christian. Menurutnya, untuk mendapatkan kategori daerah sehat, harus diwujudkan dengan semangat tinggi. Serta, mendapatkan dukungan dari masyarakat.

“Untuk melengkapi kekurangan yang ada, kami minta kerja samanya seluruh masyarakat Sukapura. Sehingga, nanti se-Kecamatan Sukapura dan Kabupaten Probolinggo bisa mendapatkan gelar Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Kegiatan verifikasi ini sebenarnya dimulai sejak pagi. Ada empat tempat di Kabupaten Probolinggo yang dikunjungi. Di antaranya, Kecamatan Tongas, Kecamatan Dringu, Kecamatan Paiton, dan terakhir Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura. (sid/rud)