Revitalisasi Pasar Grati Digelontor Rp 5,8 Miliar

GRATI – Rencana Pemkab Pasuruan untuk mengubah wajah pasar tradisional menjadi lebih modern, bakal terealisasi. Itu, setelah pemkab mendapat alokasi anggaran revitalisasi Pasar Grati dari APBN senilai Rp 5,8 miliar. Saat ini, proyek tersebut sudah mulai tahap lelang dan akan mulai dikerjakan Oktober mendatang.

Muhammad Saifudin Zuhri, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, suntikan dana dari APBN tersebut meringankan beban anggaran di APBD.

“Ada dana dari APBN tugas pembantuan dan di Pasar Grati dianggarkan dana revitalisasi sebesar Rp 5,8 miliar,” terangnya. Saifudin Zuhri mengatakan, untuk perencanaan gedung sudah baku dari pemerintahan pusat. Sehingga, pemkab tak perlu lagi membuat desain untuk pembangunan kiosnya.

Pembangunannya sendiri direncanakan mengubah wajah di utara Pasar Grati. Tepatnya di utara pasar kambing. Sebelumnya, kios-kios yang ada masih terbuat dari kayu dan seng. Sehingga, kesannya memang kumuh.

Dari anggaran Rp 5,8 miliar, nantinya akan dibangun sebanyak 210 kios baru dengan satu lantai. “Saat ini masih tahap lelang dan perkiraan maksimal sampai kurang lebih 25 hari. Dan setelah itu, bulan Oktober dipastikan sudah mulai tahap pengerjaan,” jelasnya. (eka/rf)