Punya Embung, Desa Kalisat Kembangkan Jadi Wisata Pancing

Pada umumnya, keberadaan embung dimanfaatkan untuk penyediaan air baku. Selain difungsikan sebagai sarana irigasi, mandi, juga mencuci. Namun, keberadaan embung di Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, juga dijadikan sarana wisata. Warga kerap mendatangi lokasi setempat untuk memancing.

IWAN ANDRIK, Rembang

Sudah dua tahun embung Kalisat di Kecataman Rembang, Kabupaten Pasuruan, dibangun. Keberadaan embung setempat, banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk berbagai kegiatan. Bukan hanya sarana penyedia air baku yang manfaatnya untuk pengairan pertanian. Warga setempat juga sering memanfaatkan untuk mencuci ataupun mandi.

Dan baru-baru ini, ada manfaat lain dari keberadaan Embung Kalisat. Yakni, menjadikannya sebagai wahana pemancingan.

Kepala Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Samhudi menyampaikan, Embung Kalisat memang memiliki potensi untuk dijadikan sarana pemancingan. Sebab, embung setempat kaya beragam ikan.

Ikan-ikan ini merupakan support pemerintah daerah beberapa waktu lalu. Pemerintah daerah, menaburi embung seluas 3,5 hektare itu dengan beragam benih ikan. Mulai koi, tombro, dan ikan jenis lain.

“Ikannya cukup melimpah. Karena memang ditebari benih beberapa waktu lalu,” kata Samhudi.

Karena kondisi itu, Embung Kalisat cukup menarik minat warga untuk datang. Terutama penghobi mancing. Mereka datang dari beberapa desa yang ada di Rembang.

“Banyak warga luar desa yang datang. Terlebih lagi ketika hari Jumat tiba. Seusai Jumatan, embung di sini diserbu pemancing,” sambungnya.

Keberadaan embung itu pun memang memiliki potensi besar sebagai sektor wisata. Potensi inilah yang tengah dikembangkannya. Salah satu tujuannya, agar pengunjung yang datang makin meningkat.

Karena dengan meningkatnya pengunjung, akan berdampak terhadap warga sekitar. Warga bisa membuka usaha baru, yang mendorong pergerakan ekonomi.

“Mereka bisa mendirikan warung-warung yang dibutuhkan pengunjung. Dari situ, tentu akan menggerakkan ekonomi warga,” tandasnya.

Ia berharap adanya tambahan support dari pemerintah daerah. Agar keberadaan embung itu, benar-benar bisa dikelola dan dimanfaatkan warga. Terutama untuk sektor wisata yang bisa mendorong ekonomi warga.

“Hal ini penting agar konsep wisata pancing yang diangan-angankan bisa terwujud dengan baik. Sehingga, tidak mengganggu fungsi embung,” tuturnya. (fun)