Ngaku TNI AL, Warga Sukoharjo Tilep Uang Batu Bata

BANTARANNgaku sebagai anggota TNI AL, Bambang Junaedi, 46, menipu seorang warga. Korbannya adalah Anita, 38, warga Tempuran, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Bambang pun diamankan Selasa (18/9) oleh Polsek Bantaran. Dia diamankan di rumahnya, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Pelaku diamankan setelah pihak kepolisian memantau keberadaan pelaku. Begitu diketahui ada di rumahnya, pelaku langsung ditangkap oleh petugas. Selanjutnya, dia digelandang ke Polsek Bantaran.

Kapolsek Bantaran Iptu Jamhari menjelaskan, sebelum menangkap pelaku, pihaknya mendapatkan laporan dari korban. Korban melaporkan, ia telah ditipu seorang oknum TNI.

“Pelapor ini melaporkan bahwa ada seorang anggota TNI yang membeli batu bata 30 ribu biji kepada dirinya dan menjanjikan akan dibayar setelah barang dikirim. Tetapi, setelah dikirim ternyata hanya janji yang diberikan oleh pelaku,” ujarnya.

Batu bata yang dibeli oleh pelaku sendiri dikirim ke Jalan Serayu, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo atas nama Suwarno. Sementara Suwarno, telah membayar terhadap pelaku. “Saat diselidiki kepada pembeli Suwarno, ternyata pembelinya telah membayar seharga lebih Rp 15 juta,” ujar Jamhari.

Menurut Jamhari, pelaku melakukan aksi penipuan tersebut dengan mengaku sebagai anggota TNI AL. Pelaku mengaku sebagai Peltu Bambang Hariyadi, warga Wiroborang, Kecamatan Mayangan. Sehingga, membuat sang korban percaya dan menuruti permintaan pelaku.

“Modusnya yakni mengaku sebagai anggota TNI sehingga korbannya menuruti apa yang diperintahkan pelaku. Tetapi, aksinya ternyata tidak bisa lama dan berhasil kami amankan. Kami menjerat pelaku dengan pasal 378 tentang penipuan,” ujar Kapolsek. (sid/hn)