Pengadaan Buku Batal di Perpustakaan Sekargadung Karena Ini

PANGGUNGREJO – Rencana Pemkot Pasuruan untuk mengajukan pengadaan buku di Gedung Perpustakaan dan Arsip di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, urung terlaksana tahun ini. Pemkot pun berencana mengajukan kembali tahun depan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan Evawati mengungkapkan, pengajuan ini dilakukan karena jumlah buku dinilai kurang. Sebab, Pemkot memiliki Gedung Perpustakaan dan Arsip (DPA) baru di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo.

Pihaknya pun sempat mengajukan pengadaan ini melalui perubahan APBD (P-APBD) 2018. Namun, urung terealisasi karena masih ada program lainnya yang lebih mendesak. Karena itulah, rencananya, DPA bakal mengajukan pengadaannya pada pusat di tahun depan.

“Paling tidak kami masih membutuhkan sekitar 30 ribu buku lagi. Tahun ini tidak terwujud. Semoga tahun depan pengajuan kami terealisasi,”ungkap Eva -sapaan akrabnya-.

Ia menjelaskan, jumlah buku di Kota Pasuruan sudah ideal. Sebab, idealnya dengan penduduk antara 200.000 sampai 300.000, daerah tersebut harus memiliki minimal 7.500 buku. Dan, saat ini Kota Pasuruan sudah memiliki 18.000 buku.

“Namun, kami memiliki program cinta membaca di masyarakat. Makanya, kami memandang pengadaan ini sangat diperlukan,” terangnya. (riz/fun)