Caleg PPP di Kota Pasuruan Ini Batal Mundur Karena Dilarang Partainya

PASURUAN – Setelah sempat mengajukan pengunduran diri, Indra Bayu yang merupakan bacaleg dari PPP DPC Kota Pasuruan masih terdaftar dalam DCS. Itu lantaran dirinya tak memperoleh izin dari partai yang dinaunginya. Keputusan partai berlambang Ka’bah itu menghendaki dirinya tetap maju dalam kontestasi di Pemilu serentak 2019.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Pasuruan, Basori Alwi mengaku pihaknya memang sempat menerima tembusan suran pengunduran diri yang disampaikan Indra Bayu ke PPP. Akan tetapi, setelah diklarifikasi ke parpol tersebut, Indra diputuskan untuk tetap maju sebagai bacaleg. Artinya, pengunduran dirinya dibatalkan.

Basori menyebut, pihaknya memang harus mengklarifikasi parpol terkait dengan pengunduran diri bacaleg di Dapil 3 Purworejo tersebut. Sebab, setiap bacaleg didaftarkan oleh masing-masing parpol. Sehingga mekanisme pengunduran diri itu juga harus melalui parpol masing-masing.

“Sudah ada klarifikasi dari parpol, bahwa sudah diputuskan bahwa yang bersangkutan sudah menarik pengunduran dirinya. Artinya sudah dibatalkan dan namanya tetap tercantum dalam DCS,” ungkapnya.

Sementara itu, Indra Bayu saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Bromo tak menepis bahwa dirinya memang sempat mengajukan pengunduran diri ke parpol. Ia mengaku, dirinya memang diberangkatkan PPP sebagai bacaleg non kader.

“Saya memang sempat mengajukan diri. Dengan alasan, kesibukan saya. Khawatirnya, sosialisasi yang saya lakukan nanti tidak maksimal. Namun, keputusan partai menghendaki saya tetap maju. Saya pun akan mengikutinya,” kata pria yang berprofesi sebagai lawyer itu. (tom/fun)