Temuan Benda Bersejarah di Candiwates, BPCB Tunggu Ekskavasi

PRIGEN – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan memastikan akan melakukan penanganan lebih lanjut pada struktur batu bata yang ditemukan di Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen. Di antaranya, dilakukan ekskavasi ke situs tersebut.

Hal ini ditegaskan Korwil Pasuruan BPCB Trowulan Sulikhin. Menurutnya, penanganan lebih lanjut pasti dilakukan pada situs yang diduga peninggalan dari zaman kerajaaan Majapahit itu.

Tahun ini, menurutnya, sudah direalisasikan pengalihan anggaran dan ekskavasi ke situs tersebut. Yaitu, penggaliaan di daerah tempat struktur batu bata ditemukan.

“Tinggal proses pengalihannya dan mencari titik finis dari area situs itu. Kalau sudah ketemu titik finis, nanti akan diketahui bentuk situs yang sebenarnya. Sendang atau lainnya,” kata pria asal Prigen ini.

Sambil menunggu proses ekskavasi, pihaknya tetap memantau, mengawasi, dan mendatangi struktur batu bata itu. Rencananya, ekskavasi diagendakan dalam bulan ini.

“Temuan ini akan dikembangkan, supaya tahu apa sebenarnya struktur batu bata ini. Untuk temuan kecil-kecil, tidak menutup kemungkinan kami amankan ke museum purbakala. Untuk yang tergolong besar seperti di Kalongan ini, semestinya disituskan di situ,” jelasnya. (zal/hn)