Normalisasi Sungai Wrati Lama Dianggarkan Rp 60 Juta

BANGIL – Pemkab bakal menormalisasi sungai Wrati Lama di Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil, yang mengalami pendangkalan. Namun, normalisasi itu belum akan dilakukan dalam bulan-bulan ini.

Alasannya, masih menunggu musim hujan. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka menyampaikan, normalisasi sungai Wrati Lama sudah diagendakan.

Rencananya, bulan Oktober atau November akan dilakukan. “Kami masih menunggu musim hujan. Awal hujan, akan kami lakukan normalisasi,” kata Hanung –sapaannya-.

Ia menambahkan, normalisasi tersebut akan dilakukan terhadap sungai setempat sepanjang kurang lebih 500 meter. Dana puluhan juta disiapkan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sekitar Rp 60 juta kebutuhan yang akan kami realisasikan untuk menormalisasi sungai setempat. Panjangnya, kurang lebih 500 meter,” tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pendangkalan sungai Wrati Lama, memicu kekhawatiran warga. Mereka khawatir, air meluap ketika hujan tiba. Untuk itulah, warga berharap adanya normalisasi.

Mengingat, bertahun-tahun lamanya sungai setempat dibiarkan begitu saja. Dengan normalisasi sungai Wrati Lama, setidaknya bisa meminimalisasi risiko banjir yang bisa melanda kawasan setempat. (one/fun)