Makam Estate Dibangun di Purutrejo II, Seperti Ini Konsepnya

PURWOREJO – Jumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pasuruan dipastikan bakal bertambah. Pemkot Pasuruan membangun Makam Estate di Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo. Pembangunannya sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari ini.

Pembangunan Makam Estate ini dilakukan di bekas lapangan trail, di sisi barat jembatan Margo Utomo. Pembangunannya menggunakan dana APBD 2018 Kota Pasuruan senilai Rp 642 juta. Ditargetkan pembangunannya rampung paling lambat Desember mendatang.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan Gustav Purwoko mengungkapkan, Makam Estate ini bakal diperuntukkan 260 kepala keluarga (KK). Nantinya, makam ini dibagi empat blok dan ditata sejajar.

“Makam Estate bakal berbeda dengan TPU lainnya yang dimiliki Pemkot. Konsepnya akan sama dengan makam pahlawan. Sehingga, lebih tertata. Yang ada kan, makam satu dengan lainnya tidak lurus. Sehingga menyulitkan warga yang berziarah,” katanya.

Gustav menjelaskan, pintu masuk menuju TPU ini ada dua. Yakni di sisi utara dan sisi timur. Dari pintu masuk tersebut, Perkim akan membangun jalan paving yang memanjang ke selatan dan barat. Di bagian tengah makam akan dibangun taman kecil.

Untuk menghilangkan kesan seram, di sepanjang jalan paving akan diberi lampu hias. TPU ini akan diberi pagar keliling dan dipadukan jalan setapak kecil yang terbuat dari paving. Dan, di sekeliling pagar ini juga akan diberi lampu hias.

“Kami juga akan membangunkan kantor bagi juru kunci dan ruangan untuk tempat penyimpanan keranda dan alat pemakaman lainnya. Sesuai rencana, lokasinya berada di sisi utara makam. Jadi kesan seram tidak ada lagi,”ungkap Gustav. (riz/fun)