Listrik Padam, Pelayanan E-KTP di Dispendukcapil Terganggu

DRINGU – Padamnya listrik juga membuat beberapa pelayanan publik terganggu. Salah satunya pelayanan kependudukan Dinas Kependududukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo. Karena itu, pelayanan dihentikan sementara.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Wahyunani mengatakan, pelayanan di kantornya memang sangat tergantung pada listrik. Terutama bagian pencetakan KTP elektronik.

“Matinya sekitar pukul 11.00, terus hidup, dan ternyata mati lagi. Mati kedua kalinya ini yang kemudian mengganggu pekerjaan,” katanya.

Sebenarnya, pihaknya bisa memanfaatkan genset. Namun, ketika listrik teratasi, ada kendala lain. Sistem pendataan lemot. “Pencetakan KTP ini kan online, jadi karena listrik padam ini sistem juga menjadi eror. Sehingga, kemudian kami putuskan untuk menghentikan pencetakannya,” ungkapnya.

Pihaknya akan melanjutkan proses pencetakan hari ini. Dengan catatan, sistem sudah kembali normal. Yuni –sapaan akrabnya– mengatakan, setiap hari Dispendukcapil melakukan pencetakan dokumen kependudukan sebanyak 400 buah. Bukan hanya e-KTP, melainkan berbagai macam dokumen kependudukan. (sid/rf/mie)