Nih Dia Perkiraan Rekrutmen CPNS di Kota Probolinggo

MAYANGAN – Rekrutmen CPNS dipastikan akan digelar tahun ini di Kota Probolinggo. Namun, belum ada kepastian kapan rekrutmen digelar. Saat ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo masih menunggu informasi tentang kuota CPNS dari Kemenpan RB.

Rachmadeta Antariksa, kepala BKPSDM Kota Probolinggo memperkirakan, laporan kuota ini akan turun di bulan September 2018. “Saat ini kami masih menunggu turunnya laporan kuota CPNS Kota Probolinggo. Mungkin baru bulan depan (September) turunnya dari Kemenpan RB,” ujarnya, Jumat (31/8).

Menurut Deta, panggilannya, Kota Probolinggo telah mengajukan 444 kuota CPNS ke Kemenpan RB. Namun, jumlah atau kuota CPNS Kota Probolinggo tetap diputuskan oleh Kemenpan RB.

“Bisa jadi kuota CPNS di bawah yang diajukan oleh Pemkot Probolinggo. Misalnya, kuota hanya 150 CPNS, jelas hanya 150 saja yang dibuka lowongannya,” ujarnya.

Adapun 444 posisi yang diajukan oleh Pemkot menurutnya, sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Posisinya berasal dari berbagai bidang. Seperti pendidikan, kesehatan, serta tenaga fungsional.

“Setelah turun kepastian kuota ini, baru dilakukan tahap selanjutnya. Seperti pendaftaran serta proses tes CPNS,” jelasnya.

Menurutnya, proses administrasi CPNS dilakukan di Kota Probolinggo. Namun, siapa yang diterima diputuskan oleh Kemenpan RB.

“Tesnya dilakukan melalui mekanisme ACT. Sehingga, keputusan siapa yang lolos CPNS itu dari pemerintah pusat langsung,” jelasnya. (put/hn)