Hore, 156 Rumah Warga Miskin Kota akan Direhab, Anggarannya Segini

MAYANGAN – Sebanyak 156 rumah warga miskin di Kota Probolinggo akan dipugar tahun ini. Tiap rumah akan mendapat anggaran Rp 15 juta untuk pemugaran.

Agus Hartadi, kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Probolinggo menegaskan, pemugaran itu masuk dalam program rumah tidak layak huni (RTLH). Anggarannya bersumber dari APBN.

“Tahun ini ada 156 rumah yang akan dipugar melalui program RTLH. Lokasinya tersebar di lima kecamatan yang ada di kota,” terangnya.

Menurutnya, program RTLH ini dikhususkan bagi warga yang tidak mampu dari segi ekonomi. Mereka ini akan diberi bantuan pemugaran Rp 15 juta untuk tiap rumah. Dengan demikian, total anggaran bantuan dari APBN untuk program RTLH ini mencapai Rp 2,340 miliar.

Namun, bantuan itu sifatnya hanya stimulus. “Anggaran Rp 15 juta untuk tiap rumah itu bukan untuk perbaikan total. Namun, stimulus bagi masyarakat untuk memperbaiki rumahnya,” ujarnya.

Diharapkan dengan stimulus ini, warga di sekitarnya bisa membantu secara swadaya untuk proses pembangunan. “Anggaran Rp 15 juta tiap rumah itu untuk bahan bangunan. Termasuk biaya pembangunan rumah,” jelasnya. (put/hn)