Jalur Industri Pandaan-Randupitu Rusak Parah, Begini Kondisinya

PANDAAN – Jalur industri sepanjang Pandaan-Randupitu, Kecamatan Gempol, telah lama rusak. Namun, kini kerusakannya tambah parah. Bahkan, melintasi empat kelurahan/desa.

Yaitu, mulai Kelurahan Pandaan, Desa Nogosari dan Kemirisewu di Kecamatan Pandaan. Hingga Desa Randupitu di Kecamatan Gempol.

Pantauan media ini di lapangan, titik kerusakan jalur industri ini mencapai puluhan. Mulai aspal jalan yang mengelupas, sampai berlubang. Dari ukuran kecil, hingga besar.

Sejumlah pengguna jalan pun mengeluhkan kondisi itu. Termasuk warga di sekitar lokasi jalan. Sebab, sudah lama jalur industri itu rusak. Namun, belum juga tersentuh perbaikan hingga kini.

“Kerusakan jalan di sini sudah lama, tapi belum ada sentuhan perbaikan. Malah kian parah. Tak jarang ada kecelakaan lalu lintas karena jalan rusak. Utamanya pengendara motor,” ungkap Utomo, warga Desa Nogosari.

Ia dan sejumlah warga berharap pihak terkait segera memperbaiki jalan yang rusak. Sehingga, kerusakan tidak bertambah parah.

“Ruas jalan ini adalah jalur industri. Banyak kendaraan melintas di sini. Karena itu, harus diperbaiki secepatnya. Biar kerusakannya tidak bertambah parah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto mengatakan, kerusakan yang ada tetap menjadi perhatian instansinya. Dia pun berjanji, akan segera melakukan perbaikan.

“Kami anggarkan di PAK (perubahan anggaran keuangan) untuk pemeliharaannya. Sedangkan peningkatan jalan untuk Pandaan – Randupitu diupayakan tahun depan dengan memasukkannya dalam program DAK,” ucap Hari. (zal/fun)