Tak Kuat Nanjak, Truk Mundur lalu Terguling Timpa Pemotor di Pandaan

PANDAAN–Jalanan menanjak di depan Rumah Makan Makoya, Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, membuat Mistar, 49, kalang kabut. Truknya ternyata tak kuat menanjak. Truk malah berjalan mundur.

Dengan cepat, warga Dusun Betas, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol itu menarik hand rem dan mengurangi perseneling. Tujuannya agar laju truk yang mundur, tetap terkendali. Namun upayanya tak membuahkan hasil. Truk tetap mundur dan sejurus kemudian, guling ke kanan, Rabu (29/8) sekitar pukul 10.45.

HILANG KENDALI: Truk terguling usai tak kuat menanjak dan jalan mundur. (Rizal Syatori/ Radar Bromo)

Apesnya lagi, sebuah motor yang melaju di belakang truk jadi korban. Truk menimpa motor Honda Supra X nopol N 5955 TAT yang dikendarai Jumadi, 47, warga Genengan, Desa Durensewu. Bodi motor pun ringsek. Sementara truk engkel, bak belakang sebelah kanan penyok dan patah.

“Saat melaju di jalan tanjakan, ternyata truk tak kuat. Saya sudah tarik hand rem, sekaligus mengurangi perseneling, ternyata kurang cepat. Akhirnya truk terguling,” terang Mistar, sopir truk engkel.

Akibat kejadian ini, warga Dusun Betas, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol itu, luka lecet di kepala kanan. Sedangkan pengendara motor, luka lecet pada pelipis kiri dan kedua tangannya. Kemudian robek di kepala belakang dan lecet kaki kanan. Keduanya dirawat di IGD Puskesmas Pandaan.

“Pihak kurang menguntungkan pada kecelakaan ini adalah sopir truk engkel. Sopir lali dan kurang hati-hati saat mengemudikan kendaraannya,” ungkap Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto. (zal/hn)