Begini Cara Dinas Perikanan Cukupi Stok Ikan di Wilayahnya

PROBOLINGGO – Memiliki wilayah perairan yang cukup luas, tidak setiap saat produk perikanan tangkap tersedia. Kendala seperti cuaca dapat mempengaruhi nelayan untuk melaut. Sehingga, berdampak pada ketersediaan stok ikan di pasar.

Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Perikanan Kota Probolinggo telah menyiapkan sejumlah upaya. Tujuannya, memenuhi ketersediaan ikan segar meski ada hambatan cuaca. Salah satunya dengan memantau ketersediaan stok ikan melalui Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan (PIPP).

“Salah satu upaya untuk mengatasi ketersediaan ikan dengan memantau stok ikan di PIPP. PIPP ini berlaku se-Indonesia. Kami bisa memantau harga ikan serta stok di daerah lain beserta harganya,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo Sudiman.

Sudiman mencontohkan, jika di Kota Probolinggo stok ikan yang dibutuhkan masyarakat tidak tersedia, sedangkan di daerah lain tersedia, maka pedagang bisa mendatangkan ikan dari luar daerah. “Jika stok ikan tertentu sedikit, bisa mendatangkan dari daerah lain yang tersedia. Sehingga, kebutuhan tercukupi,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Perikanan juga mendorong masyarakat untuk mengubah pola konsumsi, terutama ikan. “Jika sebelumnya banyak mengonsumsi ikan segar, bisa beralih ke produk olahan perikanan. Terutama, produk dari IKM di Kota probolinggo,” ujar mantan kepala Satpol PP Kota Probolinggo itu. (put/rud)