Merantau, Suami Lebih Terawat dan Necis, Ternyata…

FIRASAT Minthul (nama samaran), 38, warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, ini menjadi kenyataan. Ia merasa ada yang aneh dengan Tole (juga nama samaran), 40, suaminya, pascamerantau. Pasalnya, kondisi Tole lebih terawat. Tubuhnya juga makin subur.

Ternyata, firasat Minthul benar adanya. Sang suami punya wanita idaman lain (WIL) selama bekerja di Bali. Tak mau dimadu, Minthul memutuskan jalinan asmara dengan pria yang menikahinya 15 tahun silam itu. Keputusan itu diambil karena Minthul menganggap jika perbuatan sang suami tak bisa dimaafkan.

Minthul menceritakan, pernikahannya memang seperti roda berputar. Awal pernikahan dilalui pasangan suami istri (pasutri) ini dengan sangat bahagia. Soal ekonomi dan asmara yang biasanya jadi pemuci ketegangan, tidak ditemui keduanya. “Meskipun gak melimpah, tapi cukup untuk biaya makan dan anak. Pokoknya gak pernah sampai kesulitan ataupun utang,” jelasnya.

Sehingga, Minthul tak pernah kesulitan soal keuangan meski hanya mengandalkan uang sang suami. Ia mengaku bisa tenang mengurus anak dan suami. Namun, tiga tahun lalu, cobaan datang. Suaminya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal ini jelas membuat keluarganya shock. Maklum, Tole menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga.

Tole sendiri sempat galau beberapa bulan. Sementara pesangon yang diterima, lama-lama habis untuk membiayai kebutuhan keluarga. “Tapi ya gak bisa gitu terus, tetap harus cari kerja. Karena itu saya beri semangat,” jelasnya.

Hanya saja, tak mudah bagi Tole mendapatkan pekerjaan yang baru. Terutama di pabrik. Maklum, dari segi usia, Tole tak lagi produktif. Ia kalah saing dengan tenaga muda yang jauh lebih fresh. Sampai akhirnya, Tole pun merantau ke Bali ikut temannya yang membuka usaha di bisnis persewaan mobil travel.

Semula, keputusan untuk merantau memang berat. Apalagi harus jauh dari keluarga. “Tapi ya saya ikhlas. Asal bisa dapat uang untuk menghidupi keluarga,” jelasnya. Tole pun jadi jarang pulang. Paling 2 atau 3 bulan sekali. Hal ini dimaklumi agar tak banyak biaya untuk pulang. Yang penting kiriman uang bisa tetap rutin datang.

Namun ada yang mengganjal di hati Minthul. Lantaran suaminya makin lama makin gemuk dan makin terawat. “Saya penasaran saja. Masa ada yang merawat di sana. Kok dia kayak bahagia dan subur badannya,” jelasnya. Minthul pun tak tinggal diam. Ia mencari informasi soal keseharian sang suami. Sayangnya, tak ada yang mau terbuka terkait Tole.

Ketika Tole pulang, Minthul kemudian memeriksa isi ponsel sang suami. Kebetulan saat itu Tole keluar rumah tak membawa ponsel. “Saat itu saya melihat banyak foto perempuan yang sama di HP suami. Foto berdua juga ada, posenya mesra,” kata Minthul kesal.

Hal ini jelas membuat Minthul cemburu. Ia langsung mendesak sang suami untuk jujur. Benar saja, Tole yang terdesak, mengakui jika punya WIL di pulau dewata. Marah lah Minthul. Mereka kemudian bertengkar. Minthul bulat menggugat cerai sang suami. (eka/rf)