Kebut Pembangunan Pendapa Taman Candra Wilwatikta

PANDAAN – Sudah tiga bulan pendapa di kompleks Taman Candra Wilwatikta (TCW) Pandaan berlangsung. Sampai saat ini, pembangunannya masih belum selesai.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pembangunan pendapa itu dilakukan tiap hari. Pengerjaannya terus dikebut, bahkan sesekali dilembur pada malam hari.

“Pembangunannya terus kami kebut setiap harinya karena sebelum akhir tahun harus tuntas. Saat ini, total sudah dapat sekitar 40 persen untuk progresnya,” beber Mariadi, project manager PT Samudra Arta Jaya Raya dari Surabaya selaku pelaksana proyek.

Saat ini, ia sebutkan sudah tuntas pekerjaan fisik fondasi struktur serta kolomnya. Begitu juga dengan pemasangan batu bata yang mengelilingi bangunan, hingga atap terbuat dari kontruksi beton. Dalam sebulan terakhir ini, kata Mariadi, pengerjaan dikonsentrasikan pemasangan genting. Kemudian atap galvalum, plafon, serta lain sebagainya.

“Pekerjaan fisik sekarang mmasuki tahap kedua. Butuh sekitar sebulan untuk merampungkannya. Setelah itu, baru melangkah finishing yang harus tuntas sebelum akhir tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia katakan, ke depannya pendapa yang tengah dibangun sekarang, akan digunakan untuk gedung serbaguna. Mulai dari pertemuan, pusat kegiatan seni dan budaya. Bahkan, mumpuni untuk pegelaran pameran dan lain sebagainya.

Sejauh ini, untuk fisiknya tidak ada perubahan. Tetap sesuai dengan masterplan dan detail engineering design (DED) yang ada.

“Pembiayaannya semua dari APBD I Pemprov Jatim. Nilai kontraknya Rp 11,6 miliar. Kami optimistis akan tuntas lebih cepat,” tegasnya. (zal/fun)