Amankan Pawai, Ini Personel yang Dikerahkan Polres Probolinggo Kota

MAYANGAN – Polres Probolinggo Kota (Polresta) menegaskan akan menurunkan 494 personel untuk pengamanan pawai budaya Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro), Minggu (26/8). Dengan pengamanan tersebut, diharapkan Semipro berjalan lancar.

Ratusan personel itu, menurut Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal, berasal dari beberapa pihak. “Yaitu, 350 dari Polri, 100 dari Kodim 0820, 40 dari Satpol PP Kota Probolinggo, dan 4 dari Sub Denpom V/3-1 Probolinggo,” katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta AKP Alpo Gohan menyebut, nantinya akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Di antaranya, di simpang empat Pilang jalan ditutup khusus untuk roda empat ke atas.

“Jadi, mobil tidak boleh masuk dan kami arahkan lewat JLU. Kecuali mobil bongkar muat di Eratex atau yang rumahnya ada di Jalan Soekarno-Hatta,” terangnya.

Selanjutnya, di tiap jalan, seperti Jalan Panjaitan, Imam Bonjol, Diponegoro, Ahmad Yani, dan Tamrin, akan dijaga petugas. Petugas nanti mengimbau warga tak masuk ke jalur itu untuk sementara.

“Daripada sudah masuk dan akhirnya tak bisa putar balik karena ada pawai. Termasuk dari arah timur Jalan Gatot Subroto,” terangnya. (rpd/hn)