Lahan Kosong di Gempeng Bangil Terbakar, Warga Panik

BANGIL-Warga Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan dibuat panik, Jumat siang (24/8). Itu menyusul kebakaran sebuah lahan kosong yang ada di kawasan perumahan Arbaik kelurahan setempat.

Insiden kebakaran itu berlangsung sekitar pukul 10.00. Tidak diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Karena, api sudah membara ketika warga baru mengetahuinya.

Menurut Ali Maksud, ketua RT 5 RW 1 Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, siang itu dirinya tengah bekerja, menggarap kerajinan peraknya. Tiba-tiba, anaknya, Fahmi datang dan berteriak-teriak, kebakaran.

Ia pun beranjak dari tempat duduknya. Selanjutnya mendatangi lokasi. Kebetulan, lokasi kebakaran, hanya berjarak sekitar 50 meter.

Saat itu, api sudah menyala. Api tersebut berkobar di lahan kosong milik Ali Jaya, warga Gempeng, Kecamatan Bangil. Kepulan asap membumbung tinggi, membuat kepanikan warga.

Warga bahu membahu untuk memadamkan api. Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka khawatir api merembet ke rumah-rumah sekitar. Terlebih, kebakaran tersebut dekat dengan sebuah lembaga TK.

“Apinya sudah besar ketika kami tahu. Kami panik. Warga gotong royong berusaha memadamkan api,” urainya.

Untuk menjinakkan api, pemadam kebakaran didatangkan. Upaya itu membuahkan hasil. Hampir 1 jam lamanya, api berhasil dipadamkan.

Ali menambahkan, kebakaran tersebut bukan kali pertama. Karena beberapa bulan sebelumnya, kebakaran juga sempat terjadi di lahan yang sama. “Di sini memang biasanya jadi tempat pembuangan sampah. Makanya dengan cepat api membesar,” sampainya.

Kapolsek Bangil Kompol Iskhak belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Namun, besar dugaan kebakaran tersebut terjadi karena fakfor alam. “Kemungkinan ada gesekan tanaman. Kerugian nihil, karena lahan kosong,” urainya. (one/mie)